Sunday, November 25, 2007


Sesuatu tentang Pelatihan ICT lanjutan

Pasti bakalan seru mengikuti Pelatihan ICT lanjutan yang dibuat oleh UNESCO. Tapi alangkah terkejutnya ketika mengecek email yang dikirim tentang pelatihan itu, bahwa tugas untuk peserta harus dikumpulkan pada tanggal 23 November 2007. Tahukah anda pertama kali aku cek email ya pada tanggal itu jam 9.30 pagi itu di Cyber kampus, buru-buru karena sebenarnya jam 9.45 aku ada kuliah. Soalnya da lama gak ke warnet (di rumah belum ada koneksi internet, muahal bo), abisnya semingguan itu sibuk ikut ngurusin resepsi pernikahannya rini, alhamdulillah acaranya berlangsung meriah dan lancar-lancar aza(gambarrnya ada kok, liat azaa). Trus aduh… gimana caranya aku bisa nyelesaian semua tugasnya, soalnya memang kepengen ngikutin pelatihan itu. Apalagi sebenarnya hari jum’at siangnya itu aku mau ke Bireuen nemani kakak kembar aku ntuk Intat Dara Baro hari sabtunya. Waduh…harus ubah rencana ni, akhirnya aku selesain semua tugas itu pada siang harinya dan berangkat ke bireuen pada sorenya. Dan syukur Alhamdulillah, aku udah pernah punya milis dan weblog sebelumnya, jadinya gak terlalu repot lagi dah. Trus pas ngeliat tugas A, jadi bingung nih. Kalo buat langsung di depan computer dengan koneksi internet tentunya, si bisa, tapi kalo harus buat teorinya, susah oi. Mana teringat urutannya. Syukur alhamdulillah lagi, modul pelatihan yang dulu masih ada, jadinya yaaaaaaa liat-liat dikit kan boleh.
Nah, berikut ini adalah isi dari tugas A, yang sebenarnya aku gak ngerti tugas B itu buat ceritanya aja atau harus masukin juga isi dari jawaban tugas A. Anyway, aku masukin aja dua-duanya diblog aku.


Tugas A

1. Buatlah dua alamat email di internet dengan mendaftar pada dua penyedia email gratis ini: yahoo.com atau yahoo.co.id dan gmail.com.
Answer:
Jika ingin membuat email di yahoo.com maka bukalah website www.yahoo.com. Setelah terbuka akan ada tampilan Yahoo pada layar komputer anda. Setelah itu, di bagian kanan layar carilah tulisan Get a free Yahoo! Mail Account. Klik yg digarisbawahi. Setelah itu akan muncul layar baru. Klik pilihan Sign Up for Yahoo! Mail pada sudut kanan layar anda untuk pilihan email gratis. Kemudian akan layar yang meminta anda untuk mengisi setiap kolom biodata yang ada. Setelah selesai, anda akan diminta untuk meulis ulang kode yang terlihat pada layer bagian bawah. Setelah itu klik Submit This Form. Kemudian aka nada layer baru, klik Continue to Yahoo! Mail. Selamat anda telah telah punyai email pribadi!
Jika ingin membuat email di gmail.com maka bukalah website http://www.gmail.com/. Setelah terbuka akan ada tampilan Gmail pada layar computer anda. Setelah itu, klik Sign up for Gmail, akan muncul layar baru. Akan ada biodata yg harus anda isi. Kemudian klik I accept. Create new account. Selamat anda punya email di gmail

2. Buatlah sebuah mailing list (milis) pada salah satu penyedia milis: groups.yahoo.com atau groups.google.com.
Answer:
Sebelum membuat milis, maka anda harus punya email terlebih dahulu. Misalkan ingin membuat milis di groups.yahoo.com maka anda harus membuat email di yahoo terlebih dahulu. Lalu bukalah website http://yahoogroups.com/ atau http://groups.yahoo.com/. Akan ada tampilan, carilah Start a new group!, kemudian klik. Pada layar selanjutnya anda harus sign in terlebih dahulu dengan email yahoo anda pada kolom di sebelah kiri kemudian klik Sign in. Pada layar selanjutnya aka nada 3 langkah yang harus anda lalui, langkah pertama pilihlah kategori yang anda inginkan. Langkah kedua deskripsikan milis anda. Langkah ketiga pilih email dan verifikasi dengan kode yang ada pada layar anda. Maka selamat anda telah mempunyai milis!


3. Daftarkan dua alamat email yang telah Anda miliki (lihat tugas 1) sebagai pelanggan atau subscriber pada milis yang telah Anda buat pada tugas 2.
Answer:
Daftar subscriber pada milis sama artinya ketika kita ingin mengundang orang lain untuk bergabung ke milis kita. Caranya yaitu pada layar selanjutnya dari soal no. 2. akan ada ucapan congratulation! Kemudian klik Invite people. Pada layar berikutnya masukkan email teman yang ingin diundang pada kolom yang tersedia dan tulis pesan singkat pada kolom lainnya. Kemudian klik pada invite member.

4. Jadikan dua alamat email Anda itu sebagai moderator milis yang telah Anda buat pada tugas 2.
Answer:
Biasanya, email yang akan menjadi moderator pada suatu milis adalah email yang digunakan saat mendaftar pada suatu penyedia layanan milis.

5. Undang (invite) tiga alamat email kami (tim penguji) sebagai subscriber milis Anda itu.
Answer:
Untuk mengundang 3 email penguji, maka caranya sama seperti soal no. 3. Masukkan 3 email penguji pada kolom. Kemudian kilk invite member.

1 comment:

Ma Ri Ni said...

na, aku da mulai mo ngeblog lagi hari ini. q juga ya hehehehe....

susah payah aku cari blog q, abisnya kau lupa namanya apa....